Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Online

Sebenarnya membuat aplikasi Android sangatlah mudah, pada zaman sekarang ini banyak sekali kemudahan-kemudahan yang telah dibuat oleh orang lain, salah satunya adalah membuat aplikasi android, ada 2 cara membuat aplikasi android yaitu pertama mengkoding sendiri menggunakan aplikasi seperti android studio(cara sulitnya) atau membuat aplikasi android online yaitu menggunakan website yang menyediakan membuat aplikasi android dengan template yang sudah ada, tetapi kita juga bisa mengeditnya kita akan menggunakan MIT App Inventor (cara mudahnya).
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

Hello selamat datang di sempoa dunia, pernahkah kalian berpikir bagaimana cara membuat aplikasi android? sebenarnya untuk membuat aplikasi android sangatlah mudah, yang perlu kita tanamkan dari diri kita adalah niat dan mau belajar. Membuat aplikasi android menggunakan android studio memanglah sulit tetapi kita bisa mengatur semuanya perintah aplikasnya sesuai dengan keinginan kita. Membuat aplikasi android secara online yaitu menggunakan website, sangat mudah tetapi itu menggunakan template dan kita tidak bisa mengatur banyak perintah sesuai keinginan kita, itulah kelemahan dari membuat aplikasi secara online, tetapi kelebihannya kita bisa membuat aplikasi android dengan cepat tanpa memikirkan source code yang harus dibikin.

Ada beberapa website yang menyediakan membuat aplikasi android secara online, dan sangat bervariasi templatenya. Pada tutorial kali ini saya ingin memberikan sedikit tutorial cara membuat aplikasi android menggunakan website MIT App Inventor. MIT App Inventor adalah website penyedia membuat aplikasi android secara online tanpa harus didownload terlebih dahulu aplikasinya, kelebihan dari ini daripada yang lainnya adalah, kita lebih bisa mengatur perintah-perintah aplikasi yang kita inginkan, berbeda dengan website penyedia membuat aplikasi android yang lain, yang hanya sekedar template dan hanya bisa mengubah icon, gambar, teks, dan lain-lain, jadi sangat terbatas sekali. MIT App Inventor ini telah rilis pada 15 Desember 2010 yang awalnya dikembangkan oleh Google dan sekarang ini dikelola oleh MIT. MIT App Inventor bukanlah sembarangan website, ternyata website penyedia membuat aplikasi secara online ini juga bisa dipasangkan Admob yaitu sebuah iklan google yang ada di aplikasi android, jadi kita bisa menghasilkan uang dengan membuat aplikasi android dengan adanya admob, tetapi cara memasang admob di MIT App Inventor tidaklah mudah, karena kita perlu tambahan website lainnya untuk bisa memasukkan Admob di aplikasi android yang telah kita buat di MIT App Inventor. Daripada lama-lama yuk simak tutorial berikut

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android

1. Silahkan kalian masuk ke website MIT App Inventor, dan kemudian klik Create App yang ada di kanan atas. Setelah itu kalian akan disuruh untuk log in, silahkan gunakan akun gmail jika tidak ingin ribet.
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

2. Setelah itu, klik new project dan berikan nama project nya, ingat jangan membuat nama project sembarangan, karena nama project itu akan tampil di aplikasi android yang kita buat nanti.
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

3. Setelah itu kita memulai membuat aplikasi android, untuk tutorial cara membuat aplikasi android banyak di youtube, pada tutorial kali ini saya membuat sebuah aplikasi yaitu mengubah text menjadi speech, jadi teks akan dikonvert sehingga muncul suara. Silahkan kalian sesuaikan dengan bagian kanannya, mohon maaf sangat sulit menjelaskannya dengan kata-kata lebih baik jika kalian menonton videonya saja, saya hanya memberikan formatnya saja.
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

4. Setelah selesai mendesign tampilan dari aplikasi yang kita ingin buat selanjutnya, memasukkan perintah agar aplikasi tersebut bisa mengubah teks menjadi suara. Caranya klik di kanan atas ada tulisan blocks, silahkan kalian klik itu, kemudian kalian masukkan perintahnya sesuai dengan gambar dibawah (jika kalian bingung silahkan di youtube).
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

5. Setelah kalian mendesign tampilan dan mendesign perintahnya aplikasinya sesuai dengan yang gambar, langkah selanjutnya adalah mengkompile aplikasi tersebut untuk di coba kan di android kita. Caranya klik Build, silahkan pilih QR Barcode atau Download di komputer kita baru pindahkan ke android.
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android

6. Selesai kalian sudah membuat aplikasi android mengubah teks menjadi suara. Kalian juga bisa memasukkan admob, silahkan lihat tutorial di youtube untuk cara memasukkan Admob nya.
6 Langkah Cara Membuat Aplikasi Android
Begitulah cara mudah membuat aplikasi android secara online, jika kalian suka dengan tutorial ini silahkan share keteman-teman kalian atau kalian bisa memasukkan email kalian dibawah postingan ini, agar kalian tidak ketinggalan tutorial-tutorial keren lainnya. Mohon maaf jika ada salah kata dan membuat kalian bingung. Terima kasih sudah berkunjung di blog sempoa dunia, semoga apa yang kalian cari dapat kalian temukan di blog sempoa dunia ini dan jangan kemana-mana tetap di sempoadunia.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url