8 Cara Promosi Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor
8 Cara Promosi Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor - Menyewa peralatan kantor adalah salah satu solusi yang dapat ditempuh untuk beberapa kebutuhan mendesak taupun alasan efektifitas. Beberapa peralatan kantor yang pada umumnya sering disewakan diantaranya mesin fotokopi, printer, proyektor, kamera, komputer, dan banyak lagi jenis alat yang lainnya.
Bisnis penyewaan alat-alat kantor ini bisa dijadikan pilihan untuk melakukan sektor wirausaha mengingat banyaknya usaha kecil dan menengah (UKM) yang bermunculan, yang pastinya sedikit banyak membutuhkan salah satu dari jenis-jenis alat-alat kantor tersebut.
Selain
itu, beberapa kantor institusi atau perusahaan biasanya juga menyewa alat-alat
kantor karena mengadakan kegiatan di luar kantor, dan pastinya memungkinkan
membutuhkan jasa sewa peralatan kantor untuk kelangsungan kegiatannya.
Untuk
merintis bisnis sewa alat-alat kantor dan kelangsungan jalannya usaha jika
memang sudah berjalan, maka diperlukan cara promosi yang tepat dengan
menggunakan dan memanfaatkan berbagai media, baik media cetak / tulis, media
elektronika (audio visual), media komunikasi secara langsung (direct), maupun
media internet. Berikut 8 Cara Promosi
Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor :
1. Promosi Dari Mulut Ke Mulut, Door To Door
Mempromosikan
dari pintu ke pintu (door to door) secara langsung merupakan cara yang dianggap
konvensional. Namun cara ini tetap masih harus digunakan untuk menarik minat
konsumen dalam bisnis penyewaan alat-alat kantor. Dengan cara langsug menemui
konsumen di lapangan, dapat langsung dikenali karakteristik instansi atau
kantor calon pelanggan alat-alat kantor tersebut, serta bisa memberikan saran
yang terbaik alat-alat apa saja yang bisa digunakan di instansi tersebut. Hal
ini semua berhubungan dengan servis atau pelayanan yang bisa diberikan secara
langsung kapada customer / pelanggan.
Contohnya,
ketika berpromosi dengan datang secara langsung ke instansi, promosi dapat
dilakukan dengan memberikan presentasi, menjelaskan peralatan yang bisa
disewakan kepada instansi atau perusahaan tersebut. Calon pelanggan bisa
bertanya secara langsung saat presentasi, dan bisa berdiskusi. Dengan demikian
terjadi komunikasi yang maksimal antara dua arah.
Jika,
suatu instansi atau perusahaan sudah pernah menjadi pelanggan penyewaan alat-alat
kantor, alangkah baiknya jika tetap memelihara komunikasi antar penyedia jasa
penyewaan dengan pelanggan tersebut. Hal ini berhubungan dengan pemeliharaan
servis terhadap alat-alat kantor yang digunakan, Jika servis kepada konsumen
menjadi baik, maka konsumen tersebut pastinya akan mau untuk melakukan repeat
order / order kembali terhadap peralatan kator yang disewanya dan merasakan
kepuasan.
Dengan
kesan positif tersebut, pelanggan yang telah menggunakan jasa sewa tersebut
pastinya akan menyampaikan hal-hal positif berhubungan dengan bisnis penyewaan
alat kantor ini. karena adanya kepercayaan dan kepuasan konsumen, maka secara
tidak langsung dengan melakukan promosi yang dilakukan oleh pihak lain sebagai
penyampai testimoninya kepada calon pelanggan yang lain.
2. Promosi Dengan Spanduk, Neon Box Atau Papan Nama
Strategi
bisnis berikutnya adalah berpromosi dengan memampang nama tempat usaha lengkap
dengan alamat dan noimor telepon yang bisa dihubungi. Promosi nama seperti ini
bisa dilakukan dengan menggunakan spanduk, neon box dan papan nama. Menggunakan
spanduk bisa dipasang di beberapa tempat yang strategis di jalan-jalan.
Untuk
memasang spanduk pasti diharuskan untuk mendapatkan ijin dari dinas setempat.
Penggunaan spanduk yang letaknya baik, memungkinkan seseorang bisa membaca dan
tahu lokasi atau tempat bisnis penyewaan alat-alat kantor.Sedangkan untuk
pemasangan neon box atau papan nama, bisa dipasangkan di depan tempat usaha.
harus ada kecocokan / kesesuaian apa yang ditulis di spanduk dengan yang
tertulis di papan nama atau neon box.
3. Promosi Dengan Radio
Suatu
bentuk bisnis bisa disampaikan promosinya kepada khalayak ramai melalui media
iklan menggunakan perangkat elektronik. Media iklan yang memanfaatkan media
elektronik yang paling konvensional adalah menggunakan stasiun radio. Radio
saat ini menjadi lebih susut pendenganrnya dibandingkan dengan pada awal-awal
kemunculannya.
Namun
ini masih bisa dipertimbangkan sebagai media penyampaian promosi dengan
membidik pasar pendengar radio. Caranya adalah dengan mendaftarkan langsung
kepada salah satu atau beberapa stasiun radio lokal atau regional, dengan
menyampaikan iklan seperti apa yang cocok untuk mempromosikan bisnis penyewaan
alat-alat kantor. Pastinya soal harga tergatung durasi penyampaian iklan, dan
waktu promosinya.
4. Promosi Dengan Televisi
Hampir
mirip dengan radio, televis juga bisa digunakan untuk media promosi bisnis
penyewaan alat-alat kantor. Televisi yang digunakan untuk berpromosi bisa
dipilih sesuai kemampuan anggaran usaha. televisi yang dipilih juga bisa
berasal dari televisi lokal setempat atau televisi skala regional dan nasional.
Semakin
besar cakupannya, maka harganya iklan promosinya juga semakin mahal.
Penyempaian iklan promosi dengan menggunakan media televisi adalah salah satu
bentuk promosi secara audio dan visual. Iklan dinyatakan dalam bentuk video
dengan durasi tertentu dan jam tanyang tertentu pula sesuai dengan tarif yang
berlaku pada stasiun televisi. Untuk bentuk tampilan video promosinya bisa
dikomunikasikan langsung dengan pihak stasiun televis yang nantinya menyiarkan
promosi tersebut.
5. Promosi Dengan Brosur Dan Leaflet
Brosur
dan leaflet merupakan media penyampai prosmosi bisnis penyewaan alat-alat
kantor, dan jenis bisnis lainnya yang paling umum. Brosur bisa disebarkan dan
dan diberikan kepada siapa saja untuk memperkenalkan tempat usaha penyewaan
alat kator. Didalamnya berisi informasi yang lengkap dan jelas berhubungan
dengan alamat usaha dan jenis peralatan yang bisa disewakan kepada calon
pelanggan.
Semakin
besar ukuran brosur, maka akan banyak menampung informasi yang diberikan kepada
calon pelanggan. Tidak pula juga, dalam brosur disertakan nomor telepon contact
person yang bisa dihubungi. Pemberian brosur bisa langsung diberikan ke
rumah-rumah, tempat UKM, perusahaan atau instansi perkantoran. Brosur ini juga
bisa disertakan pada saat promosi secara door to door.
6. Promosi Di Jejaring Sosial
Dengan
begitu banyaknya jejaring sosial atau media sosial yang ada saat ini, maka
tidak salah media ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menyampaikan
promosi penyewaan alat-alat kantor yang ditawarkan. Jejaring sosial yang sering
digunakan contohnya adalah Facebook (FB), Twitter, Instagram, Path, dan banyak lagi lainnya.
Selain
gratis, media ini digunakan untuk menyampaikan promosi dengan skala luas yang
bisa dibaca oleh siapa saja melalui media internet. Contoh penggunaan promosi
lewat FB, pelaku usaha persewaan bisa bergabung dengan sebuah grup khusus untuk
menginformasikan usahanya secara luas. Dapat pula dengan membuat fanpage
usahanya.
7. Promosi Di Website, Atau Blog
Jika
ingin lebih terlihat profesioanal, Cara
Promosi Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor ini bisa dengan membuat website
atau blog. Untuk website dan blog terdapat dua pilihan, yaitu gratis dan berbayar.
Pilihannya tergantung pilihan pelaku usaha, menyesuaikan dengan kondisi
keuangan. Di website dan blog dapat diposting semua hala yang berhubungan usaha
yang dijalankan.
8. Promosi melalui Google Ads
Promosi
menggunakan Google Ads, adalah promosi yang terpasang pada mesin pencari
Google. Iklan promosi akan tampak ketika seseorang melakukan pencarian di
Google. Promosi melalui Google Ads pastinya berbayar karena langsung
bekerjasama dengan pihak Google.
Oke
itulah 8 tips Cara Promosi Bisnis
Penyewaan Alat-alat Kantor yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan
membantu anda yang ingin membuka usaha jasa penyewaan alat kantor. Semoga
Sukses!